Event Perusahaan Sebagai Apresiasi Karyawan
Semua perusahaan pasti memiliki rencana untuk menyelenggarakan event setiap tahunnya. Mereka akan mengeluarkan anggaran biaya yang cukup besar untuk mendanai semua acara. Hal ini dilakukan semata-mata untuk mengapresiasi kinerja karyawan selama setahun, yang juga bertujuan untuk memotivasi karyawan agar lebih baik dalam meningkatkan performanya di tempat kerja.
Event merupakan suatu agenda, kegiatan, atau festival yang menunjukkan, menampilkan, menyampaikan suatu pesan secara meriah kepada peserta yang hadir. Biasanya event akan berisi dengan momen-momen seru seperti game, kuis, penampilan-penampilan, speech yang menghibur, dan suguhan makanan yang lezat yang bisa dinikmati sambil berbincang-bincang dengan kolega.
Lalu, apa yang diharapkan dengan adanya event dalam sebuah perusahaan?
Event pada perusahaan diharapkan dapat membangun suasana ceria dan kekraban terhadap sesama karyawan dan pada hubungan atasan-karyawan. Melalui event, kecanggungan dan batasan pada individu dengan sendirinya akan terhapus. Mereka akan lebih mudah berbaur, serta dapat mempererat hubungan untuk kondisi kerja yang lebih cair lagi.
Menyelenggarakan event memang tak mudah, dan tentu saja tidak bisa instant. Beberapa aspek harus diperhatikan agar event tidak berjalan dengan berantakkan. Beberapa aspek tersebut, antara lain;
1. Papan Tulis Strategi
Mau apapun jenis acaranya, yang Anda butuhkan adalah strategi. Papan tulis strategi akan membantu Anda untuk memetakan secara rinci kebutuhan dan tujuan Anda menyelenggarakan event. Anda bisa muda mengatur berapa orang yang hadir, tema acara, pengisi acara, dan sebagainya.
2. Pentingnya Anggaran
Setelah mengatur strategi dan tujuan, yang Anda lakukan selanjutnya adalah membuat anggaran. Rincikan nominal kebutuhan Anda dan perhitungkan harganya. Anggaran acara meliputi sewa tempat, kebutuhan sekreriat, kebutuhan desain, website, makanan, minuman. Saat Anda menghadiri sebuah acara, ingat sampai bagian terkecil apa yang Anda butuhkan. Buat checklist untuk menandai mana kebutuhan yang sudah dipenuhi.
3. Waktu dan Tempat untuk Setiap Acara
Waktu dan tempat tentu tidak boleh secara sembarangan. Kembali lagi ke awal, apa yang menjadi tema event Anda. Jika tema eventnya cerita, suasana kebun dan minuman dingin bisa menjadi pilihan. Anda bis ameluangkan waktu di siang menjelang sore hari. Tapi, jika Anda menginginkan event elegan yang mewah, Anda bisa memilih hotel dan waktu di malam hari.
4. Survei Tempat
Survei tempat beberapa hari sebelum acara. Bayangkan bagaimana Anda ingin orang-orang menikmati acara ini. Tandai tempat-tempat yang diperlukan agar orang tak kebingungan. Ada harus menentukan di mana patokan lokasi, seberapa luas lahan parkir, dan apakah jalanannya bisa dilewati kendaraan berbagai jenis.
Risconsulting sebagai perusahaan penggerak inovasi edukasi dan leadership, percaya bahwa kegiatan internal yang melibatkan seluruh karyawan dapat memberi momen berharga yang menciptakan suasana keakraban menjalin komunikasi dan mempererat hubungan individu antar karyawan melalu event – event dengan tema dan konsep yang tepat. Setiap investasi yang dikeluarkan haruslah mampu menghadirkan konsep acara yang spektakuler sehingga hasil yang diharapkan, baik secara moral, aktivitas, maupun tujuan praktis dapat tercapai.
Konsep event yang dimiliki Risconsulting yang bukan hanya menjadi hiburan dan keseruan, namun juga menginspirasi, membangkitkan semangat, dan menghidupkan komitmen serta dedikasi karyawan dalam memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Risconsulting merancang event yang menyenangkan, seru, dan tetap memiliki tujuan sesuai hasil yang diharapkan.