Kreativitas dan Inovasi dalam Berbisnis

Kreativitas dan Inovasi

Tingkatkan Kreativitas Berbisnis dengan Lego Serious Play

Kreativitas dan Inovasi memang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Tanpa kreativitas, sebuah inovasi tidak mungkin terbentuk, pemecahan masalah juga akan sangat sulit dilakukan. Dampaknya, bisnis akan diam tidak di tempat, tidak berkembang, apalagi untuk menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat.

Dalam era industri teknologi seperti sekarang ini, tentu persaingan bisnis semakin ketat. Performa bisnis dan inovasi yang biasa saja tentu tidak akan bertahan dan akan tersingkir dari mereka yang memiliki kreativitas dan tentunya punya wawasan lebih luas terkait insight bisnis. Zaman modern seperti sekarang ini semakin sedikit peluang bisnis yang bisa diraih. Persaingan semakin banyak, namun tuntutan pekerjaan juga semakin ketat. 

Profit yang dapat didulang dari bisnis memang tidak main-main. Apalagi jika usaha kita berhasil meraih engagement yang tinggi dari klien dan investor. Namun, karena tergiur dengan keuntungan yang besar inilah, kita sering menjadi lupa. Kita enggan merasakan yang namanya jatuh bangun dan kerap meremehkan berbagai kejadian kecil yang terjadi di perusahaan, yang sebenarnya kejadian-kejadian kecil yang luput dari perhatian itu justru bisa menjadi bumerang bagi perusahaan. 

Permasalahan-permasalahan yang timbul di dalam perusahaan bisa disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal perusahaan. Faktor-faktor tersebut bisa meliputi modal, manajemen keuangan, manajemen operasional, dan tentu saja seberapa menarik produk kita di mata pelanggan. Dengan adanya permasalahan-permasalahan tersebut, tentu kita dituntut untuk mengembangkan pemikiran kita menjadi lebih kreatif agar bisa lebih banyak menemukan peluang dan sudut pandang dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang muncul dalam bisnis, dan kreativitas tersebut tentu bisa dilatih.

Kreatifitas atau creativity sangat menentukan bagaimana pebisnis bisa menciptakan sebuah inovasi untuk meraih kepercayaan masyarakat. Seperti krusialnya modal finansial pada perusahaan, modal problem solving juga diperlukan sebagai pijakan yang sama sekali tidak bisa dikesampingkan begitu saja. 

Saat ini begitu banyak lembaga yang menyediakan pelatihan untuk memulai karir sebagai pebisnis dan pelatihan menangani konflik dalam bisnis. Namun, hanya di Lego Serious Play, Anda bisa merasakan bagaimana proses eksperimental yang inovatif untuk meningkatkan performa bisnis.

Lego Serious Play adalah program pilihan dari Risconsulting yang merupakan sebuah metodologi bisnis dalam memanfaatkan wawasan, ide, imajinasi yang ada dalam organiasi perusahaan. Pelatihan tersebut berbentuk meeting dengan memanfaatkan lego brick sebagai wadah pelatihan dengan pendekatan komunikasi – problem solving. Dalam pelatihan tersebut, trainer akan bertanya pada peserta dengan pertanyaan-pertanyaan yang memusat. 

Ada pun feedback yang bisa didapat dengan mengikuti pelatihan Lego Serious Play adalah kamu bisa menciptakan atmosfer bisnis yang menyenangkan, kreatif, namun efektif. Misalnya, mendapat beragam solusi dari pemasalahan yang ada, meningkatkan pengetahuan tim dan mencegah frustrasi, berpikir kreatif, menjadikan setiap partisipan untuk menyuarakan perasaan dan pikirannya dalam organisasi.

Tingkat ke-efektifan metode Lego Serious Play bergantung pada proses inti dengan empat langkah, mengikuti serangkaian, pengaplikasian teknis dan serangkaian prinsip yang telah diteliti dan diuji dilapangan. Serta prinsip yang paling utama adalah selalu dimulai dari individunya. Selanjutnya prinsip ini digabungkan dengan 4 langkah dan hasilnya antara lain;

  1. Partisipasi dan engagement peserta 100%

  2. Semua peserta memiliki waktu untuk berpikir sebelum mengungkapkan pendapatnya

  3. Peserta akan dapat mendengarkan semua insight unik para peserta terkait dengan topik yang dibicarakan

  4. Semua peserta akan maju dan menjadi bagian diskusi serta pengambilan keputusan

  5. Komunikasi akan berjalan dan mengurangi resiko kesalahpahaman.

Tentu saja, semua feedback itu bisa langsung dirasakan dan dialami, serta diaplikasikan ke bisnis kita sendiri. Agar bisa melatih dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatifmu dalam mengelola permasalahan bisnis, silakan kunjungi website rissconsulting.id untuk mendaftar pelatihan. Anda berhak menciptakan suasana bisnis yang menyenangkan!

Dewasa ini segala aspek kehidupan dituntut untuk bersaing menunjukkan yang terbaik, karena yang terbaiklah yang akan dapat bertahan untuk tetap bersaing dalam panggung globalisasi. Sebuah organisasi seharusnya mempersiapkan diri menghadapi tantangan yang ada dalam dunia yang penuh gejolak global tersebut. Sebagai contoh, perkembangan bisnis dunia yang sangat pesat menimbulkan persaingan pasar yang ketat dan alot. Setiap harinya muncul pelaku bisnis yang menghasilkan dan mengenalkan produknya dengan kreativitas dan inovasi baru, sehingga persaingan pun tidak bisa dihindarkan lagi. Jika para pelaku usaha tidak berusaha menjadi diri yang kreatif dan inovatif dalam menghasilkan produknya, maka usahanya akan tergilas oleh kompetitor lain.

Menurut Peter Drucker, dalam memimpin suatu organisasi, seorang manajer tidak hanya melakukan pekerjaan-pekerjaan administratif atau pengambilan keputusan (decision making) saja, tetapi ia arus melakukan pekerjaan yang sifatnya lebih kreatif. Jadi pimpinan mempunyai peranan yang sangat penting dalam inovasi, yaitu:

1.    Memberi dukungan, otorisasi, dan bimbingan kepada staf untuk melakukan inovasi.
2.    Menciptakan iklim yang kondusif untuk berkembangnya inovasi dalam organisasi.
3.    Bersama-sama terus mengembangkan kapasitas diri dan pegawai untuk berinovasi.

Selanjutnya membawa organisasi menjadi yang terbaik di lingkungan Kementerian Keuangan tentunya tidak terlepas dari kreativitas. Berawal dari tantangan dalam memimpin, kreativitas akan muncul secara berdampingan. Bagaimanakah tips menjadi pemimpin yang kreatif dan sukses? Maka seorang pemimpin bisa menciptakan kondisi yang Balance Between Customer Experience and Staff Experience  yaitu seimbang antara pengalaman pelanggan (customer) dan pengalaman staff, juga mampu menciptakan kondisi kerja happy staff create happy customer yaitu membuat staff yang bahagia  untuk menciptakan pelanggan bahagia juga, apa komitmen yang harus dimiliki pertama oleh seorang leader?, untuk itulah seorang pemimpin harus bisa mengelola sumber daya manusianya karena  asset terbesar suatu organisasi  adalah human.

Staff experience bagian human menjadi bagian penting dalam organisasi untuk mengetahui dan memberikan solusi atas keluhan pelanggan atau stakeholder . Keluhan dari penerima layanan merupakan satu hal yang sangat penting, karena dengan adanya keluhan tersebut akan memungkinkan organisasi untuk dapat mengidentifikasi kegagalan produk atau layanan yang diberikan. Penanganan keluhan merupakan peluang yang sangat berharga bagi organisasi untuk mengidentifikasi tindakan-tindakan perbaikan dalam rangka menciptakan kepuasan penerima layanan sehingga organisasi dapat mempertahankan keunggulan kompetitifnya. Mengidentifikasi kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan complainer, sehingga tercipta suasana yang kondusif dalam menangani keluhan yang terjadi Untuk memberikan pengetahuan kepada para pelayan publik tentang kompetensi yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan complainer, sehingga keluhan dapat ditangani dengan baik, apalagi dengan adanya isu penyebaran virus corona akan berdampak signifikan terhadap perekonomian global.  

Issu atau sudah menjadi permasalahan penyebaran virus SARS-CoV-2 sebagai penyebab pandemi Covid-19 menjadi kegelisahan dan kekhawatiran banyak kalangan, termasuk Indonesia. Meski pemerintah sudah mengambil berbagai langkah strategis, tapi peran kaum muda untuk aktif memastikan advokasi kesehatan masyarakat disebut penting. Kaum muda menjadi kelompok masyarakat sipil yang memiliki jangkauan luas dan sumber daya potensial untuk mendorong kebijakan yang efektif dalam memastikan pencegahan dan pengendalian Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia. Untuk mendorong peran kaum muda ini, Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) dan Solidaritas Berantas COVID-19 (SBC), telah menerima aplikasi dari 267 kaum muda dari seluruh Indonesia.

Di tengah mewabahnya virus corona atau Covid-19 saat ini, pasti ada peluang atau kesempatan (opportunity) bagi pelaku usaha mengembangkan bisnisnya. Maka dari itu, di saat-saat penuh tantangan seperti ini, kuncinya adalah optimisme, kreativitas, inovasi. “Wabah SARS di Tiongkok pada 2003 lalu menjadi momentum pertumbuhan toko online Wabah SARS di Tiongkok pada 2003 lalu menjadi momentum pertumbuhan toko online e. Taobao milik Alibaba yang kini mendunia,” 

Di Indonesia, ekspansi Susi Air juga bergerak cepat usai bencana tsunami Aceh pada akhir 2004. Ketika itu, pesawat Susi Air menjadi armada udara pertama yang berhasil masuk membawa bantuan ke Aceh. Sebelum tsunami Aceh, Susi Air hanya menggunakan armada pesawat untuk transportasi hasil laut seperti ikan dan lobster. Namun, kejadian tsunami membuat Susi Pudjiastuti menyadari betapa tingginya kebutuhan angkutan udara penumpang di wilayah terpencil. Sejak itulah, Susi Air menjadi spesialis maskapai perintis. “Artinya, jika melihat dengan jernih, selalu ada peluang di balik musibah,” . Sebelumnya pembelajarannya dilakukan secara classical karena isu pandemi virus Covid-19 akhirnya pembelajaran dengan Learning From Home (LFH) secara  online melalui media zoom dan kuliah whats app group (wag,) seperti juga telah dilakukan oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan –SDM Magelang Pelatihan Kepemimpinan dan Pengawas (PKP) I.

Kreativitas dan inovasi bagi organisasi adalah sebuah kebutuhan yang sangat vital, karena kreativitas menjadi tulang punggung bagi kelangsungan hidup suatu organisasi. Menurut Zimmerer dan Scrborough, kreativitas merupakan kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan menemukan cara-cara baru untuk memandang masalah menjadi peluang. Sedang inovasi merupakan kemampuan untuk  menerapkan solusi-solusi kreatif terhadap masalah dan peluang guna menumbuhkan usaha. Kreativitas dan inovasi memang dua kata yang saling terkait dan saling melengkapi. Kreativitas dan inovasi. Pemikiran kreatif (insepsi Ide) yang harus diterapkan melalui pemikiran (pelaksanaan ide) dengan kondisi akhir inovasi tersebut telah dilaksanakan sebagai pembaruan ide.

Untuk menciptakan organisasi yang kreatif  dibutuhkan organisasi yang bisa melakukan perubahan lingkungan yang terus meningkat dengan cepat, dalam bidang teknologi, dalam standar produk, dan juga dalam  persaingan. Semua ini telah menimbulkan perhatian yang lebih besar di dalam organisasi-organisasi mengenai pentingnya kreativitas dan inovasi. Untuk kepentingan itu, maka organisasi perlu menggali kreativitas organisasi yang tersembunyi. Karena organisasi memiliki orang-orang yang memiliki ketajaman dalam kreativitas dan inovasi. Hanya dikarenakan oleh kondisi yang tertutup, kurang menghargai potensi sumber daya manusia, tidak dibukanya intrapreneurship (semangat kewirausahaan dalam organisasi). Adapun yang terpenting dalam kreativitas organisasi adalah bagaimana mengembangkan suatu suasana atau keadaan agar kreativitas organisasi dapat tumbuh dan berkembang dengan subur. Untuk itu, organisasi perlu: menyediakan wadah bagi orang-orang yang memiliki kreativitas; adanya lingkungan di dalam organisasi yang memungkinkan ide-ide kreatif dapat dilaksanakan; dan adanya kelayakan atas pelaksanaan ide kreatif, baik dari sisi biaya dan kemanfaatannya. Perkembangan teknologi saat ini melahirkan cara baru dalam menyelesaikan pekerjaan di berbagai sektor, seperti manufaktur, perbankan, jasa dan lain sebagainya. Kondisi ini kemudian menuntut adanya sumber daya manusia  yang kreatif, inovatif serta berdaya saing.

Lembaga pemerintahan tanpa kreativitas dan inovasi akan berakibat organisasi yang kurang berkembang dan kinerjanya akan selalu menjadi sorotan masyarakat, kritikan, dan apatis bagi institusi itu sendiri. Oleh karena itu kreativitas dan inovasi pada setiap lembaga pemerintah yang ingin maju harus menguatkan di internalnya terlebih dahulu, dengan demikian ketika di internalnya sudah kuat dan menghasilkan produk organisasi yang siap dan solid, otomatis ketika menghadapi permasalahan eksternal organisasi dapat diatasi. Organisasi harus menanamkan budaya kerja yang mendukung sebagai terciptanya kreativitas dan inovasi baru. Salah satu cara adalah dengan memberdayakan sumber daya manusia agar selalu bersikap kritis dan menindaklanjuti sifat kritisnya dengan tindakan yang nyata untuk secepatnya menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Kemudian sikap tersebut diberikan kesempatan untuk melakukan proses aktualisasi diri.

Tentang Risconsulting

  • Risconsulting, konsultan training yang berfokus pada pengembangan SDM untuk peningkatan karakter, soft skill, pengetahuan untuk performa karyawan atau individu di tempat kerja. Risconsulting memiliki program training Offline maupun Online sekaligus  yang akan meningkatkan produktivitas individu dalam organisasi atau perusahaan.
  • Program training Risconsulting merancang konten training sesuai kebutuhan perusahaan (custome content). Sementara program offline memformulasikan dengan baik setiap session nya untuk mendapat insight dari fungsi yang berbeda di dalam satu organisasi. Komunikasi dua arah menjadikan sistem pelatihan menjadi lebih intensif, sehingga coach akan semakin mudah menggali permasalahan dan menstrukturkan pikiran klien sehingga produktifitas klien semakin prima.

    Untuk selengkapnya, silakan kunjungi Kontak atau Cs kami unruk mendapatkan program training yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dan akan mengupgrade time ataupun karyawan Anda!

Layanan Kami

Follow Us

Komitmen Kami Membantu Peningkatan Kapabilitas dan Kapasitas Karyawan serta Organisasi melalui Kreatifitas dan Inovasi dalam Menghadapi Era Digitalisasi. ​

Perusahaan yang telah Kami Bantu
0 +
Webinar dan Talkshow Solusi SDM yang Terselenggara
0 +
Total peserta yang mengikuti program webinar series kami
0 +
Total Peserta yang mengikuti program pelatihan kami
0 +

Kami siap membantu mencapai goals perusahaan Anda! Segera hubungi tim konsultan Kami

    Agenda Public Program Risconsulting 2024 - 2025

    Gallery

    Klien Kami

    Podomoro City Blok
    Garden Shopping Arcade Blok B/8DH

    Jakarta Barat – 11470

    info@ris.co.id
    (021) 278 99 508

    Translate »

    Konten Belum Ada Onegoing…